Jumat, 23 Agustus 2013

Aku BANGGA menjadi KARANGPANAS

Jakarta, 22 Agustus 2013

Dear all my friends, OMK Karangpanas

Hai Hai teman-teman semua…. #cium satu satu. Sedikit ngungkapin apa yg belum terungkap boleh kan? hehehehe….

Pertama kali diserahi tanggungjawab buat jadi koordinator Mudika periode 2011-2013 merupakan bagian penting dalam hidupku. Terkesan lebay? Whatever. tapi itu memang kenyataan kok. Di komunitas ini aku bener-bener banyak mendapat pelajaran dan pengalaman hidup yang gk aku dapatkan di bangku pendidikan. Menjadi koodinator atas teman-teman Karangpanas yang luarbiasa. Kritis pemikirannya, kreatif dalam segala karya, kompak, dan rasa kekeluargaan begitu kental aku rasakan (terutama 2 tahun terakhir periode). Bangga baget deh bisa terjun langsung, berkarya bareng temen-temen Karangpanas selama ini.

Konflik pasti ada dalam segala kegiatan Mudika. Puji Tuhan segala konflik bisa selesai dalam happy ending. Makasih banget buat Dinal, Tinus, mas Bagus, Desy, dan temen-temen semuanya yang udah nopang aku selama ini. I love you all.

Kalau cerita tentang kegiatan di Mudika pasti gk akan ada habisnya deh. Ziarah Baksos ke Wisma rehabitisasi Orang Kusta di Blora. Gk sedikit temen-temen Mudika yang menitikkan air mata ketika sesi sharing bersama mantan penderita kusta yang “dibuang” di masyarakat. Sungguh meupakan pengalaman iman yang sangat mengena.

Visualisasi dari tahun 2011-2013 juga sangat berkesan. Sasaran tembah mata, telinga, dan hati sunguh luarbiasa. Konflik besar pasti ada disitu. Tiga tahun Visualisasi selalu disutradarai oleh Mas Nicolas Rafael. Proses kenalannya pun sangat unik menurutku karena kami sama sekali belum pernah ketemu saat itu. Kesan pertama sih rada serem, tapi ternyata Mas Nico orangnya asyik… Hahahaha… Guyonannya bikin kami semua tertawa lepas, sejenak melupakan penat proses Visualisasi. Visualisasi pertama, Karel menjadi Yesus dan tragedi kuku jempol Kenangan kuku jempol 2 tahun lalu gk akan aq lupain. Mas Nico yg totalitas membantu perkap hingga jempol kuku njepat. hadehhhhh….

DSC_5328   DSC_5363     DSC_5365

                                                DSCF4547

Tahun 2012 Yesusnya ada 2. Konsep yang unik, walau mas Nico gk bisa nemeni waktu hari H, tapi Mudika Karangpanas mampu tampil maksimal. Tahun 2013, mencoba konsep outdoor dengan 3 salib. Salib Yesus patah. Dibilang Visualisasi tahun 2013 gagal? Tunggu dulu, jangan semudah itu menyimpulkan. Justru dari proses Visualisasi 2013 inilah banyak bermunculan mudika-mudika baru yang aktif hingga sekarang. Terimakasih mas Nico atas semuanya. Atas semua sharing-sharing dan guyonannya..

Di tingkat Vikep, Karangpanas juga punya “NAMA”. Masih teringat momen PORSENIMAN? Juara Futsal tingkat Vikep, Vocal Grup, “Gladiator” Sexy Dance… Wowww…. Kalian luarbiasa… Disini aq bukan membanggakan diriku sendiri karena momen itu terjadi di periodeku.. BUKAN..…. Hanya orang picik yang memandang dari sudut itu.. Disini aku lebih menitikberatkan perjuangan temen-temen semua. Mas Anton “Kimcil”, Yoel Billy, Mas Tyas, Lita, Xary, Cossy, Devi, Yohan, Dinal, Karel, Simon, Yoseph, Deje, Puput, Malla, Ayu, Gama, dan masih buanyakkk lagi…. Good job Guys… Songsong PORSENIMAN selanjutnya di Salatiga dengan penuh semangat.

Urban Kaum Muda merupakan awalan mudika membangun benteng, membangun rasa saling memiliki dengan slogan KITA SATU. Lagi-lagi prosesnya sungguh berkesan. Galang dana dengan awul-awul, miskomunikasi dengan pihak Keuskupan masalah Wisma Wijayakusuma, hingga outbond sampe nggado lombok demi kebersamaan.. hahahahaahaha… Proses yang menarik. Setuju Tinus, Dinal, Andre, dll. :D

galang dana

ngawul 3

IMG_3206   IMG_3219

HUT Paroki juga memiliki kesan tersendiri, Mudika sukses menjawab tanggungjawab yang diberikan Romo dan Dewan. Romo Dodit dan Romo Donny yang menggila di malam puncak sungguh luarrbiasa, memberi hiburan kepada umat dengan totalitasnya. Semua kegiatan Mudika selama 2011-2013 kalau ditulis bakal menjadi setebal buku Harry Potter deh. Hahahahaha……

Oiya, Thanks juga buat semua personil Karangpanas. mas Yansen, mas Benny, mas Teguh yg sering kami repoti terutama masalah parkir.. Makasih yaa bantuannya selama ini. Pak Totok, thanks bgt udah mbenerin n masang kunci diruang mudika. Mas Surono, thank you bgt uda bntu pas visualisasi dgn jaga sound n ngomando tmn2 buat bersihin gereja hbs pentas.. Pak Tukirin, makasih the angetnya ketika kami kumpul n diskusi.

IMG_3476 copy

Pada intinya, aku sangat menghargai proses. Prosesku bersama teman-teman Karangpanas semua sungguh sangat berkesan dan mendalam. Terimakasih teman-teman semuanya. Dinal, Tinus, Yohan, Cossy, Elsa, Deje, Nelly, Ketty, Billy, Yoseph, David, Thesa, Andre, Donny, dan semua keluarga besar OMK Karangpanas, Terimakasih untuk segala apresiasinya, segala kenang-kenangan yang kalian berikan berupa film, ucapan, motivasi. Yang terpenting adalah kenangan dalam memberikan pelajaran hidup. Aku bangga bisa menjadi bagian dari Karangpanas. Rasa cnta dan kebersamaan yang kalian ukir begitu mendalam di hatiku…

Di kepengurusan nanti, aku memang gk bisa membantu secara langsung. Namun aku selalu terbuka buat temen-temen semua. Kalau mau sharing, curhat, dsb masalah mudika atau apapun silakan kontak. Anytime, anywhere. Tetap semangat buat teman-teman semua. Talenta kalian sangat luarbiasa. Bantu kapten Yohanes Hernawan dalam memimpin Mudika.

PERBEDAAN Ada Bukan Untuk menghancurkan. Perbedaan Ada untuk Saling MENGUATKAN dan MELENGKAPI…

Naik tangga, bawa nanas…

Aku bangga menjadi Karangpanas

Simbah pikun, methik pelem

Maturnuwun, Berkah Dalem…

Best Regards,

FS. Perdana

0 komentar:

Posting Komentar